Blowing In The Wind Pink And Green Flower;

Friday, June 24, 2011

Tasyakuran 4 Bulanan Kehamilan

Kenapa siy perlu tasyakuran 4 bulanan? Maknanya apa yaaa???

Tasyakuran 4 bulanan, diadakan sesuai dengan syariat Islam, yaitu mendoakan supaya si jabang bayi sehat selalu dan terlahir sempurna serta rupawan, serta kelak menjadi anak yang sholeh ataupun sholehah, dan diberi kemudahan serta kelancaran dalam proses kelahirannya nanti. Pada saat 4 bulan menurut agama Islam, ditiupkanlah ruh si bayi ini di dalam kandungan… Dan mulai 16 minggu ini secara ilmiah, janin telah terbentuk sepenuhnya, semua bagian tubuh telah lengkap. Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 10,6 – 12 cm dan berat badan janin berkisar antara 80- 110 gram. Tampilan wajah semakin terlihat seperti manusia. Hidung dan telinga tampak jelas, rambut mulai tumbuh, dan terlihat pembuluh darah pada kulit janin yang tipis. Telinga janin sudah hampir mencapai posisi akhir sehingga pendengaran janin sudah mulai berfungsi, dia juga mulai mendengarkan suara-suara dari luar, bahkan bisa mendengar suara ibunya. Mulai minggu ini, ibu bisa mengajaknya bicara atau mendengarkan musik klasik atau lantunan pengajian. Gerakan janin sudah mulai dirasakan ibu meskipun masih sederhana. Muncul garis-garis halus di tangan dan kaki, cikal bakal sidik jari. Sistem pencernaan dan hati sudah mulai menjalankan fungsinya. Jantung janin saat ini memompa sejumlah darah setiap harinya dan akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan janin. Saraf-saraf mulai membentuk selubung myelin yang mempercepat hubungan antar saraf. Dan, tubuh janin mulai memproduksi antibody untuk menangkal kuman penyakit.


Janin usia 16 minggu (4 bulan),

sudah semakin berbentuk manusia yah….

Subhanallah…..

Undangan tasyakuran 4 bulanan

Yang perlu dipersiapkan untuk tasyakuran 4 bulanan:

  1. Tentu saja undangan untuk para ibu-ibu pengajian
  2. Ustadzah sebagai pemimpin pengajian dan pemberi tausiyah
  3. Makanan ringan dan makanan kotakan sebagai tanda terima kasih
  4. Al-Qur’an tentunyaaa….

Itu saja, simpel, tidak seperti acara 7 bulanan yang pakai acara siraman dan sebagainya. Alhamdulillah banyak ibu-ibu pengajian serta kerabat yang datang untuk membantuku mendoakan anakku… Acara berlangsung sukses dan lancar…

Ucapan terima kasih dalam nasi box…

Acara dimulai dengan pembukaan (hehe…sambutan oleh suamiku), dan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an diantaranya surat Ali Imron, Maryam, dan Yusuf (sampai habis) dan dilanjutkan dengan doa dan tausiyah seputar menjalani kehamilan secara Islami yang diberikan oleh ibu ustadzah. Kemudian acara ditutup dengan pembagian nasi box dan snack….

Sumber:

dr. Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG., M.Kes. dan Fitria Chakrawati. S.Sos, MM., Panduan Super Lengkap Hamil Sehat, Jakarta: Penebar Plus+, 2010. Hal. 49.

http://www.kedokteran.info/tahap-perkembangan-kehamilan-trimester-kedua.html

Seri Ayahbunda 9 Bulan Yang Menakjubkan. Jakarta: PT. Grafika Multimedia, 2009. Hal. 132.

Zita West, Natural Pregnancy, Jakarta: Pustaka Bunda, 2010. Hal. 39.

No comments:

Post a Comment